Film Favorit, Debut Indie Sheila on 7

Film Dilan 1990 sudah dua hari menempati peringkat teratas trending topic twitter saat ketika seorang Adib Hidayat, mantan punggawa majalah musik terkeren senusantara Rolling Stones Indonesia, mencuitkan kabar yang sedikit banyak, mengejutkan ..


Twit tersebut berisi enam kata yang sederhana, tapi mampu membuat linimasa meriuh..

Sheila on 7 akan mengeluarkan single terbarunya yang berjudul Film Favorit..

Bagi para pemuja setia band asal Jogjakarta ini, sejatinya single tersebut sudah terhitung basi lantaran pernah beberapa kali dibawakan langsung dalam rangkaian panggung mereka.. Video penampilannya pun sudah lama ramai di youtube dan bahkan Mp3 bajakan berisi lagu dari penampilan konsernya itu juga sudah tersedia diberbagai platform file-sharing sekelas 4shared..

Lagu ini bercerita tentang seorang pria yang menjelaskan tentang kenapa dan bagaimana dia terus mengejar seorang wanita yang ia cinta..

Fai, nama seorang pemuda jomblo yang memang sudah lama akrab dengan personil sheila on 7 adalah inspirasinya..

Eross Candra sang gitaris berceloteh sambil menahan tawa saat menceritakan ihwal pembuatan lagu tersebut dalam video behind the scene proses produksi lagu tersebut..

Sound berulang dari efek delay gitar dan gebugan drum dengan sedikit efek looping mengawali lagu ini, sejurus kemudian, sebuah suara berciri khas sigap menyambut intro tersebut dengan lirik-lirik putuh asa sekaligus optimisme..

Sheila on 7 tetaplah Sheila on 7, pesonanya tetap memikat banyak orang.. Fans militan band ini memang tersebar dibanyak kalangan.. Mulai dari penyanyi dangdut kelas kampung sampai personil band cadas tanah air, dari pembawa acara musik pagi sampai bintang sinetron, dari penjaga toilet sampai penjaga pintu tol.. Sheila on 7 memiliki sesuatu yang istimewa sehingga banyak dari kita dibuat sulit untuk tidak menerimanya.. Hasilnya, tagar #FilmFavorit yang akhirnya memenuhi media sosial pun sudah bisa ditebak..

Tepat keesokan harinya, akun Instagram resmi Sheila on 7 mengabarkan bahwa lagu Film Favorit sudah bisa direquest di radio-radio seluruh Indonesia dan bisa diunduh atau didengarkan melalui kanal pemutar musik online macam Itunes, Joox atau Spotify..



Lagu tersebut langsung melejit dan diputar dimana-mana.. Cerita dibalik rilisnya lagu tersebut juga viral diberbagai platform media sosial.. Sheila on 7 yang kini mengindiekan diri setelah lepas dari Sony Music Indonesia memang harus berjibaku sendiri dalam urusan promosi dan penjualan.. Kabarnya, Duta sang vokalis harus turun gunung meminta tolong dengan menelfon secara pribadi rekan-rekan dan kenalannya di radio dan media untuk membantu keberhasilan perilisan single tersebut..

Kerendahan hati para personil Sheila on 7 memang sudah bukan lagi jadi rahasia, Duta yang berkali-kali kepergok fans makan di warung pinggir jalan, atau personil lain yang ramah dalam situasi apapun berkali-kali mendapat pujian oleh netizen..

Militansi dari Sheilagank, sebutan bagi penggemar band tersebut juga tidak main-main.. Beberapa jam setelah single tersebut rilis, sebuah video klip unofficial juga naik lewat situs berbagi video Youtube.. Klip buatan fans fanatik band ini berisi potongan-potongan gambar dari trailer film Dilan 1990, dan dirangkai dengan video Behind The Scene dari proses perekaman lagu tersebut yang memang sudah lebih awal diupload oleh kanal Youtube resmi Sheila on 7 ..

Membuat video tidak resmi seperti ini memang bukanlah cara mengapresiasi karya idola yang baik, bahkan mungkin malah merugikan yang di idolakan.. Diluar negeri fans Marvel & Game Of Thrones yang rela mengeluarkan jutaan dollar untuk membuat film sendiri sebagai penghormatan kepada idolanya justru harus berurusan dengan tuntutan hukum dan hak cipta..

Tapi terlepas dari benar dan salahnya cara serampangan ini, apresiasi tetaplah apresiasi..



Selamat berkarya kembali kwartet sejuta copy.. Indonesia butuh dipuaskan dahaganya akan musik-musik terbaik..

Setelah gebrakan baik dari Sheila on 7 ini, ada juga PadiSeringai & The Flowers yang dikabarkan sedang memproduksi album terbarunya.. Dengan rangkaian karya-karya yang padat bergizi nan berkualitas dari mereka, rasa-rasanya tahun 2018 akan menjadi tahun yang menggembirakan bagi penikmat musik tanah air..

Semoga saja memang demikian..

Ada aamiin?






31 Januari 2017

Eno kini tinggal di Twitland

Artikel ini juga dimuat di Apaya.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkontemplasi Bersama Jason Ranti, Melalui Bunyi dan Diksi Album Sekilas Info | Sebuah Review

'Sekilas Info' Jason Ranti, Terinspirasi Ibu Soed dan Kasino Warkop

Review Avengers Endgame (Spoiler Alert) Part 1