Curhat Musikal Petualangan Cinta Assia Keva di Single "Good Bye" dan "Only You" | Sebuah Interview

Assia Keva. (Foto: Instagram)

Jakarta - Assia Keva, demikian nama penyanyi muda pendatang baru dari Bali ini. Memiliki dua buah single yang dirilis di tahun 2022, dara berusia 18 tahun ini nyatanya telah empat tahun berada di industri musik Indonesia.

Ditemui jurnalis Opsi ID, Eno Suratno Wongsodimedjo usai tampil di gelaran SWAG (Start with a Gigs) besutan Dhice Stage pada Selasa malam, 18 Oktober 2022, Assia Keva membeberkan sekelumit mimpinya berkarier di kancah musik nasional.

Keva memulai petualangan di dunia tarik suara pada tahun 2018 silam. Kala itu, ia sukses memenangi kompetisi bernyanyi untuk anak-anak The Voice Kids yang digelar oleh stasiun televisi Global TV (kini GTV).

Namun usia yang masih terlalu muda, membikin perempuan bernama lengkap Assia Keva Hamzah itu tak siap menerima arahan lampu sorot ketenaran. Selama dua tahun, ia memilih untuk mundur dari dunia hiburan.

"Keva terjun lagi ke dunia musik itu baru tahun lalu. Ketemu sama produser, lalu kita mulai dari proyek cover-an," kata Assia Keva, dalam wawancara eksklusif kala itu.

"Kita mulai cover lagunya orang, terus ada ide aja `yuk, kita bikin lagu, yuk`, so akhirnya keluar lagu pertamanya Keva, judulnya Goodbye di Juli 2022 kemarin," ujarnya.

Berbeda dengan permulaan kariernya sebagai penyanyi cilik, Assia Keva mulai menampilkan sisi baru yang lebih dewasa lewat single "Goodbye". Tembang berbalut R&B ini, memiliki lirik percintaan khas remaja.

Assia Keva. (Foto: Instagram)

Lirik single "Goodbye" mengangkat cerita mengenai seorang gadis muda yang tengah menjalani hubungan asmara dengan seorang pria yang mulanya penuh hal manis, namun pada akhirnya justru mengecewakan.

Kisah asmara dalam single "Goodbye" berakhir tragis lantaran saat sang dara sudah memberikan segenap kasih dan sayangnya, pria yang dicintainya itu justru memberikan perhatian dan kehadirannya kepada perempuan lain.

Kisah percintaan dara muda di single "Goodbye", kemudian berlanjut di tembang kedua Keva yang berjudul "Only You".

Dalam liriknya, lagu "Only You" memotret momen ketika sang dara mulai membuka hati dan menemukan cintanya lagi usai terjebak dalam satu hubungan yang sangat tidak sehat.

Di tembang keduanya ini, Keva mengisahkan sosok pria baru yang membawa sang dara menjadi orang yang lebih positif dan sehat, mengingat hubungan percintaan sebelumnya memang menyisakan luka mental yang menyakitkan.

"Lagu Only You baru dirilis sekitar tiga minggu lalu. Akhir September 2022 kemarin," katanya.

Dalam dua single miliknya, Assia Keva menjajakan kualitas suara berkelas internasional dalam balutan musik R&B dan jazz ringan, yang berkelindan manis sekaligus bernuansa "mahal".

Semangat terus berkarya di kancah musik, diakui Keva kian menggelora usai menuai banyak respons positif dari pendengarnya.

Sebagai biduan swadaya yang melakukan laku produksi secara mandiri, ia bahkan mengaku terkejut dengan penerimaan penikmat musik atas karya keduanya.

"Respons untuk single kedua dari penikmat musik Indonesia sangat bagus. Kaya jauh lebih baik dari ekspektasi aku," tuturnya.

"Sebagai indie artist yang benar-benar independent banget dari produksi dan semuanya lah ya, itu aku dapat respons yang sebegitu besarnya sempat bikin aku shock sih," kata Keva.

Assia Keva berharap, perjuangannya untuk berkarya di kancah permusikan nasional terus mendapat sambutan baik dari industri. Sama seperti halnya pekarya lain, ia punya mimpi sederhana, yakni ingin karyanya dirayakan banyak orang.

"Harapannya sih tahun depan sudah ada album, bisa bikin showcase dan manggung di festival-festival. Lebih dikenal lah, sama penikmat musik Indonesia," tuturnya.

Single "Goodbye" dan "Only You" milik Assia Keva sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemusik digital.

Dua lagu tersebut, merupakan pembuka dari mini album isi lima lagu yang diagendakan Keva meluncur ke pasaran di akhir tahun 2022 ini. []

Artikel ini ditulis oleh Eno dan pernah ditayangkan di portal berita OPSI ID

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkontemplasi Bersama Jason Ranti, Melalui Bunyi dan Diksi Album Sekilas Info | Sebuah Review

'Sekilas Info' Jason Ranti, Terinspirasi Ibu Soed dan Kasino Warkop

Review Avengers Endgame (Spoiler Alert) Part 1